Biografi atau perjalanan singkat Taufik Ismail


             Apa kabar Joy atau Joyis sekalian ? yah saya harap kalian dalam keadaan sehat semua disana. kali ini saya akan membahas salah satu tokoh sastra asal Indonesia, Ia bernama Taufik Ismail.

           Yah Taufik Ismail lahir di Bukit Tinggi, Sumatra Barat ( Indonesia ), 22 Juni 1935 dari pasangan A. Gaffar Ismail (1911-1998) asal Banuhampu, Agam dan Sitti Nur Muhammad Nur (1914-1982) asal Pandai Sikek, Tanah Datar, Sumatera Barat Ayahnya adalah seorang ulama dan pendiri PERMI.

         Menurut informasi yang saya baca ia menghabiskan masa SD di Solo, Semarang, dan Yogyakarta, SMP di Bukittinggi, dan SMA di Pekalongan. Taufiq tumbuh dalam keluarga guru dan wartawan yang suka membaca nih joy. Ia telah bercita-cita menjadi sastrawan sejak masih SMA. Dengan pilihan sendiri, ia menjadi dokter hewan dan ahli peternakan karena ingin memiliki bisnis peternakan guna menafkahi cita-cita kesusastraannya tersebut. Ia tamat FKHP-UI Bogor pada 1963 yang pada akhirnya ia gagal joy ingin punya usaha ternak sendiri yang dulu direncanakannya di sebuah pulau di Selat Malaka.

                 Banyak puisi – puisinya di nyanyikan Bimbo dan Chrisye (Alm). Beberapa karyanya yang terkenal adalah kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia, Tirani dan Benteng, Sajak Ladang Jagung, Puisi-Puisi Langit, dan puisi salemba.

                 Pada tahun 1970, beliau mendapatkan Anugerah Seni dari pemerintah. Tahun 1994 beliau mendapatkan penghargaan The South East Asia Write Award dan di tahun yang sama pula beliau mendapatkan penghargaan dari Pusat Bahasa karena pengabdiannya dalam kesastraan Indonesia.

                 Mungkin itu saja informasi yang bisa saya sampaikan untuk joy dan joyis semua, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat, jika ada kata - kata yang salah atau kurang menyenangkan kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan harapan saya semoga kesastraan Indonesia kedepannya bisa lebih baik dan di hargai baik itu oleh pemerintah, pribumi maupun masyarakat luar. Terimakasih  

Related Posts:

0 Response to "Biografi atau perjalanan singkat Taufik Ismail"

Post a Comment

Saya hanyalah mahluk Allah dan pengikut nabi Muhammad. Jika ada artikel atau postingan saya yang mirip bahkan sama dengan artikel orang lain bukan maksud saya untuk menjatuhkan atau merendahkan orang tersebut, jika memang benar-benar ada saya bersedia untuk me-musyawarakannya. Dan jika ada artikel saya yang mengandung unsur porno [ yang tidak bertujuan untuk mendidik ] itu di luar kehendak saya. . .