Menentukan Unsur Paragraf | Ide Pokok | Kalimat Utama | Kalimat Penjelas

                     Apa kabar joy atau joyis sekalian ? yang pasti saya harapkan kalian dalam keadaan sehat serta dalam lindungan Allah SWT [Amien]. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menentukan Unsur Paragraf, Ide Pokok, Kalimat Utama, dan Kalimat Penjelas, Oke... joy atau Joyis sekalian langsung saja kita lihat penjelasannya.

                        Paragraf dibentuk atas tiga unsur, yaitu pikiran utama atau ide pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas. Pikiran utama merupakan ide dasar  masalah yang di bicarakan dalam sebuah paragraf. Biasanya pikiran utama dituangkan dalam kalimat utama. Namun, tidak menutup kemungkinan pikiran utama merupakan hasil simpulan dari keseluruhan kalimat.

                Kalimat utama adalah kalimat yang paling penting dalam sebuah paragraf. Selain kalimat utama, juga terdapat kalimat pendukung  atau kalimat penjelas. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang berfungsi melengkapi dan menjelaskan kalimat utama, sehingga terbentuk paragraph yang baik.

                   Oke.... Joy atau Joyis, sampai di sini dulu penjelasan saya, saya harap penjelasan tersebut bermanfaat, dan untuk kalian jangan pernah berhenti untuk belajar. Jika ada kata-kata saya yang salah mohon di maafkan karena saya hanyalah manusia biasa dan kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Trimakasih

Related Posts:

0 Response to "Menentukan Unsur Paragraf | Ide Pokok | Kalimat Utama | Kalimat Penjelas"

Post a Comment

Saya hanyalah mahluk Allah dan pengikut nabi Muhammad. Jika ada artikel atau postingan saya yang mirip bahkan sama dengan artikel orang lain bukan maksud saya untuk menjatuhkan atau merendahkan orang tersebut, jika memang benar-benar ada saya bersedia untuk me-musyawarakannya. Dan jika ada artikel saya yang mengandung unsur porno [ yang tidak bertujuan untuk mendidik ] itu di luar kehendak saya. . .