MENJELASKAN BERBAGAI JENIS GELOMBANG ELEKTROMAGNET SERTA MANFAAT ATAU BAHAYANYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya di sebut spektrum elektromagnetik. Spektrum gelombang elektromagnetik berdasarkan urutan kenaikan frekuansi atau penurunan panjang gelombang, sbb :

1. Gelombang Radio
Gelombang radio di kelompokan menurut panjang gelombang atau ferkuensinya. Jika panjang gelombang tinggi, maka nanti frekuensinya pasti rendah atau sebaliknya. Frekuensi gelombang radio mulai dari 30 kHz ke atas dan dikelompokan berdasarkan lebar frekuensinya. Gelombang radio di hasilkan oleh muatan-muatan listrikyang di percepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini di bangkitkan  oleh rangkaian elekronika yang di sebut olisator. Gelombang ini di pancarkan melalui antena  dan di terima oleh antena pula. Kamu ntidak dapat mendengar radio secara langsung, tetepi penerima radio akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang menjadi energi bunyi.

2. Gelomsng Mikro (mikrowaves)
 Adalah gelombang radio dengan frekuensi yang paling tinggi  yaitu di atas 3GHz. Jika gelombang mikro di serap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. jika makanan yang menyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan akan menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat. Proses inilah yang di manfaatkan dalam microwav oven untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis. Gelombang mikro juga di manfaatkan pada pesawat (Radio Detection and Ranging) berarti mencari dan menetukan jejak sebuah benda dengan menggunakan gelombang mikro. Karena cepat rambat gelombang elektromagnetik c = 3 x (sepuluh pangkat delapan) m/s, maka dengan mengamati selang waktu antara pemancaran dengan penerimaan.

Related Posts:

0 Response to "MENJELASKAN BERBAGAI JENIS GELOMBANG ELEKTROMAGNET SERTA MANFAAT ATAU BAHAYANYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI"

Post a Comment

Saya hanyalah mahluk Allah dan pengikut nabi Muhammad. Jika ada artikel atau postingan saya yang mirip bahkan sama dengan artikel orang lain bukan maksud saya untuk menjatuhkan atau merendahkan orang tersebut, jika memang benar-benar ada saya bersedia untuk me-musyawarakannya. Dan jika ada artikel saya yang mengandung unsur porno [ yang tidak bertujuan untuk mendidik ] itu di luar kehendak saya. . .